Terbaru

ping your blog, website, or rss feed for free

Wednesday, November 17, 2010

Yamaha Scorpio 2003 (Magetan): TIDAK ASAL GAYA

Didik, pecinta supermoto sejati. Warga Magetan, Jawa Timur yang sedang tinggal di Jogja ini gandrung dengan gaya motor segala medan itu. Makanya modifikasi juga harus beraliran motor dua alam itu.
Tapi, tidak mau sekadar gaya aja yang akan dianut. Dia ingin sempurna secara fungsi juga bisa diandalkan. Apalagi, gaya supermoto bisa memanjakan minatnya tetap geber trail, tapi juga tidak masalah dipakai di jalan raya.
Lewat surfing di internet dan cari berbagai informasi, Didik langsung gabung jadi member aktif di situs forum supermoto. “Dari situlah, saya banyak dapat acuan dan informasi seputar cara membangun motor supermoto yang oke punya,” terangnya mantap.
Langkahnya dimulai dengan membeli satu set body plastic KTM Acerbis. “Harga memang bersahabat, karena bekas dan kebutulan punya teman,” terangnya. Jadi, ya tinggal dipasang dengan membuatkan braket dari pelat. Lalu dan selanjutnya, ya diiikat dengan sekrup.
Selanjutnya, urusan kaki-kaki. Diserahkan ke Aji Meo dari bengkel Jack Motor di Jl. Danurejan, Jogja. Rekayasa yang dilakukan untuk urusan kaki-kaki, diawali dengan upaya pemasangan sok depan yang diambil satu set upside down punya Monstrac 200. “Proses pemasangan tidak mengalami banyak perubahan. Karena segitiga pula sudah mengunakan bawaan Monstrac 200,” terang Aji.
Sedangkan pada bagian lengan ayun, Aji mengunakan produk handmade berbahan besi pelat setebal 4 mm. “Dibentuk jadi lengan ayun. Tentu dipertimbangkan aspek kekuatan dan juga estetisnya,” kilah Aji yang pakai sok belakang YSS.
Kelar garap kaki-kaki, sasaran berikutnya adalah mesin. Maklum, tampang gagah kalau enggak ada tenaga malah jadi tampak loyo. Ibarat kata, gagah tapi tidak bertenaga!
Enggak banyak memang, cuma ubahan di derajat buka tutup noken-as agar sedikit mengubah sudut bukaan klep. “Enggak atau beluma berani ekstrem. Soalnya kan harus tetap nyaman dipakai harian. Repot kalau pasa lagi dipakai jebol di tengah jalan,” kilahnya.

DATA MODIFIKASI
  • Pelek depan:Asio 3,5x17
  • Pelek belakang: TK 4,25x17
  • Ban depan : FDR 120/70x17
  • Ban belakang : Batllax 92 150/60x17
  • Knalpot : AHRS F4 KLX250
Penulis/Foto : Adith